Posted by : KHABAR Saturday 18 June 2016

Sainswow- PT Bank Rakyat Indonesia (persero) akan mengoperasikan BRIsat dalam waktu dekat, setelah satelit tersebut diluncurkan ke orbit pada Jumat petang, 17 Juni 2016, di Kourou, Guyana Prancis. BRIsat pun menjadi satelit pertama yang dioperasikan oleh perbankan untuk mendukung layanan keuangan digital.

Manajemen BRI pun memiliki ekspektasi yang tinggi terhadap BRIsat. Direktur Utama BRI Asmawi Syam mengatakan layanan inklusi keuangan, terutama di sektor mikro yang menjadi bisnis inti BRI, bakal kian melesat setelah BRIsat beroperasi. Asmawi juga yakin BRIsat bisa menekan beban operasi sedikitnya Rp 500 miliar per tahun untuk menyewa satelit.

"Masyarakat di daerah terpencil pun bisa menikmati layanan keuangan dengan biaya rendah," kata dia di Guyana Space Centre, Kourou, Guyana Prancis, Kamis, 16 Juni 2016, waktu setempat.

Direktur Keuangan BRI Haru Koesmahargyo mengatakan BRIsat akan menjadi pendukung utama bisnis BRI di masa mendatang. "Karena BRIsat bisa menciptakan ceruk bisnis baru," kata dia. Haru memberi contoh layanan transaksi online BRILink yang dijalankan nasabah, yang juga bertindak sebagai agen. "Itu akan terus bertambah jumlahnya dan semakin luas jangkauannya," ucapnya. 
 



Dalam jangka panjang, kata Haru, BRIsat bisa menjadi kendaraan BRI untuk mengerek kinerjanya secara keseluruhan, salah satunya di sektor kredit. Haru yakin, setelah BRIsat beroperasi, pertumbuhan kredit BRI perlahan bakal melampaui 18 persen, seperti sebelum kondisi perekonomian melemah dalam setahun terakhir. "Harus di atas rata-rata pertumbuhan industri perbankan," ujarnya.

BRIsat, yang dibawa roket Ariane 5, akan mengorbit di koordinat 150,5 derajat Bujur Timur atau di atas langit Papua. Setelah mengorbit, BRIsat akan dikendalikan di sarana primary satellite control facility di Ragunan, Jakarta Selatan, dan Tabanan, Bali. 


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © SAINS WOW - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -