Posted by : KHABAR Sunday 16 July 2017





       Sainswow- Banyak dari kalangan pelajar pada umumnya sering mengeluh pada proses pembelajaran yang kita terima dari guru sekolah kita. Kita dibiasakan menerima informasi langsung dari guru sekolah tanpa mengetahui seluk buluk "kok bisa sih gini" "loh2 kok jadi  gini" "kenapa sih huruf A terbentuk" "mengapa sih kok ada angka 2 darimana terbentuknya", nah sebagian guru sekolah nih ngajarin pada intinya tanpa mengajarkan seluk buluknya. Yah mungkin ada benarnya juga sih supaya pembelajaran berjalan tidak lamban.

       Tapi gimana kalo matematika, kan matematika didominasi oleh logika, kenapa kok banyak hafalan2 rumus.


       Gua bingung banget, setiap kali dihadapin sama soal-soal yang berupa pengaplikasian dari materi, gua kadang gak bisa ngerjain padahal rumusnya udah hafal banget, udah diajarin ama guru sekolah juga tapi tetep belum bisa ngerjain. Yahh akhirnya gua sering banget selalu mencari video di youtube kayak problem solving dari materi yang memang bagiku itu sulit. Gua selalu mengabaikan nama setiap channel-channel youtube yang membuat video edukasi tersebut. Karena bagi gua yang penting infonya bisa dapet dan nyantol di otak. Tetapi, dari sebagian besar video-video edukasi tersebut gua belum dapet yang super okelah, pengajarannya masih kayak guru sekolah biasa. Terus sejak beriringan waktu, gua temukan video edukasi yang sangat membantu gua dalam menyelesaikan masalah berupa soal aplikasi, karena kekaguman tersebut, gua subscribe channel tersebut. 


Dann channel tersebut adalahh...

ZENIUS IS MY CHOICE

Gua sebelumnya gak kenal2 amatlah sama Zenius. Namun sejak saat itu gua kenal Zenius dan suka banget sama video-video edukasinya. "Kenapa sih kok milih Zenius??"

1. DIAJARIN KONSEP DASAR


Yapz seperti yang tadi gua bilang kalo di Zenius elu bakal diterangin sampe ke akar-akarnya, dan elu juga tidak menggantukan diri pada hafalan rumus-rumus. Menurut pengalaman gua, gua alkhamdulillah udah bisa ngerjain soal-soal sbmptn, karena apa? ya karena usaha + pertolongan Alloh + lewat perantara Zenius *wkwk*

Sebenarnya di dalam pelajaran matematika tidak mangenal hafalan, jadi terbentuknya rumus itu pasti ada asal muasal kejadiannya. Kayak elu jadian sama pacar elu kan pasti butuh proses kayak kenalan kan, ya kan,, gak mungkin langsung pacaran padahal gak kenal sama sekali.. *ah jadi baper gua*

Nah kembali ke rumus.. jadi rumus itu pasti ada prosesnya, kan masing-masing rumus pasti ada penemunya. Nah penemu tersebut pasti mengalami proses, sehingga dari proses tersebut terbentuklah rumus.

Eittsss jangan bingung dulu, di Zenius elu bisa belajar konsep-konsep dasarnya. Jangan khawatir... jadi elu nggak usah banyak-banyak ngapalin tuh rumus, karena elu tau konsep dasarnya.

2. TENTORNYA TIDAK BASA BASI (TO THE POINT)



Jika materinya A ya tentor bakal nyampaikan A, jadi sesuai materi gitu,, tidak bakal menyimpang dari pembahasan dan terkadang tentor dalam memberi pembahasan mengaitkanya dengan penganalogian sederhana yang biasa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari.

Yang paling gua suka teori kimianya, ya enak semua sih, tapi di Kimia Zenius gua mudeng banget nyantol banget di otak, karena tentornya yang menyampaikan informasi sefcara jelas dan lugas, tidak seperti kebanyakan bimbel online selain Zenius Education *tepuk tangan dong*. Bukan maksud merendahkan ya, tapi ini menurut perspektif gua. Dan ini nih yang salah satu paling gua suka  "Teori Kimia" *klik aja tulisan biru*

3. PEMBELAJARAN MELALUI DIGITAL

Zaman sekarang mah lagi berkembangnya era digital yak... jadi kalo belum digital, yaa "NDESO". *hehe*

Jadi di Zenius nih, elu udah dapet digitalnya jadi ketika elu menyimak bahasan dari seorang tentor, mata elu tetap jelas. tidak seperti BO sebelah yang masih menggunakan papan tulis lalu di record *hehe* yahh,, yang mungkin masih belum jelas tulisannya yang pada akhirnya tidak kebaca.. mau tanya itu tulisan apa ntar dikacangin *wkwk* 

4. HARGA YANG TERJANGKAU

Bagi pelajar yang tidak mau merepotkan orang tua kaya gua gitu, bisa nih, mulai dari multimedia education-nya seperti dalam bentuk CD ataupun Voucher.

Tetapi, gua lebih suka yang CD kenapa? karena harga yang terjangkau dan bisa disave *hehe*, terus ntar juga dapet voucher selama seminggu.

Yang voucher juga bagus sih.. kalo elu gunakan voucher elu bisa belajar di webnya Zenius sesuka hatimu pelajaran apapun terserah... tidak ada keterbatasan materi. Pada websitenya selalu ada perkembangan menyesuaikan kurikulum pendidikan saat ini.

5. INTERAKSI YANG EFEKTIF


Berbeda dari kebanyakan Bimbel Online yang biasanya para tentor berkomunikasi dengan audience dengan bahasa yang cukup baku. Di BO (Bimbel Online) Zenius. Para tentor berkomunikasi dengan audience dengan bahasa kita sehari-hari.

Kayaknya kebanyakan audience dari Zenius ini dari kalangan pelajar yang masih remaja. Hal itu dapat dilihat dari tata bicara dari para tentor yang menggunakan bahasa anak masa kini *hehe*. Justru tata bicara yang seperti itu membuat komunikasi antara kedua belah pihak tercapai, karena penonton/pendengar mayoritas masih puber *wkwk*. Dan gua juga merasakannya. Rasanya ketika kita belajar di Zenius berasa seperti temen sendiri gituh, sehingga mudah dipahami materinya dan pastinya insyaAllah nyantol di otak..

Sebenarnya banyak sekali yang mau gua omongin karena Zenius punya banyak keunggulan-keunggulan lainnya. Dan dari keunggulan-keunggulan itulah yang menjadi alasan gua tetep kokoh sama Zenius karena "Zenius is My Choice" cobain dan rasakan sensasinya, semenjak gua belajar di Zenius gua anggap belajar adalah salah satu tempat hiburan gua dikala mengisi waktu luang 


"Kejadian yang paling sulit dikembalikan adalah waktu. Karena masa lalu tidak akan bisa kembali lagi. Jadi manfaatkanlah waktumu sebaik mungkin karena waktu bagaikan pedang." ~M.K.Akbar~ 


 Wassalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarokatuh


{ 11 comments... read them below or Comment }

  1. iya kalo make papan tulis trs divideo kadang gak jelas, beda sama zenius tulisannya bisa kebaca dengan jelas..

    ReplyDelete
  2. Ane jg lbh suka paken CD untuk menyimpan data. Krn lbh safety. Kalau pake FD klo udah kena virus ilang gk bs balik.. hhe

    ReplyDelete
  3. yang terpenting sih menurut saya interaksi yang aktif

    ReplyDelete
  4. Kadang saya juga beli voucher nya buat belajar di zenius

    ReplyDelete
  5. Menurut saya, tergantung dari keinginan dan niat kita untuk belajar. Bahkan pelajaran tersulitpun dapat kita pelajari sendiri tanpa bantuan orang lain. Akan tetapi zenius adalah pilihan yang tepat untuk E-learning. saya pernah mencoba trialnya dan saya mengerti dengan cepat.

    ReplyDelete
  6. Nice info gan. Kalau bisa buat artikel tentang Quipper juga dan bandingin Quipper sama Zenius yah gan ^_^

    ReplyDelete
  7. makasih infonya gan, tambah wawasan nih...

    ReplyDelete

- Copyright © SAINS WOW - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -